Senin, 06 Juli 2009

NIDJI PART 5. IDENTITAS

Kita pada awal mulanya seperti layaknya anak SMA yang doyannya nongkrong di warung depan sekolah. Mencari jati diri kemana hidup akan membawa kita. Di umur 15-25 tahun setiap manusia pasti mencari jati diri nya masing masing. Kalau memang suka otomotif bisa bisa jadi anak mobil yang 24 jam membicarakan knalpot, touring, balancing dan ganti oli. Kalau hobinya clubbing pasti tiap malam sabtu dan malam minggu mencari guest list agar bisa dugem dan mencari one night stand. Kalau kita berlima masih bingung mencari kemana jati diri jiwa dan musik dari band NIJI. Kalau ngejam berlima pasti suara dan notasi yang tercipta melebar kesegala arah yang bagi kita menyenangkan. Mau agak hip hop, pop, balada, country, Jrock, brit pop bahkan sampai dangdut juga. Mencari sebuah warna yang demokratis agar visi dan misi bandnya sangat gampang untuk dijalani. Dari lagu pertama yang diciptakan kami masih tidak bisa menentukan mau kemana NIJI akan berjalan.

Beberapa lagu kita rekam dan kita kumpulkan menjadi sebuah demo. Sebuah demo CD yang beredar keberbagai label rekaman besar. Sony, Warner, Universal bahkan Musica Studio tempat kita bernaung sekarang tidak pernah memberikan respon apapun. Bahkan waktu itu sebuah label rekaman dari sebuah majalah remaja sempat melayangkan sebuah surat penolakan CD DEMO NIJI karena mungkin tidak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan pada saat itu.

CD Demo itu berisi beberapa lagu, tetapi ada satu lagu yang sangat signifikan karena soundnya upbeat dan lagu itu berjudul EGO. Dan setiap orang mendengarkan lagu tersebut pasti responnya ialah "Wah lagunya PADI banget yah....!!". Ya betul, suara gue dulu sering disama samain oleh Fadly Padi ( bagi gue Fadly ialah salah satu vokalis yang memiliki suara terindah dan terkuat di Indonesia, makanya gue terinspirasi banget sama dia ). Mungkin dari gaya bernyanyi gue dan juga cengkoknya kali yah. Mungkin hal inilah yang menyebabkan kita sering ditolakin oleh berbagai label rekaman. NIJI terlalu mirip PADI. Sedangkan pada saat itu PADI lagi mendulang sukses dengan album albumnya. Siapa yang mau memiliki sebuah band yang sudah tidak original lagi.

Membutuhkan waktu yang lama untuk mencari sebuah identitas diri apalagi identitas sebuah band. Dan pada saat itu kita tidak tahu harus kemana dan berbuat apa.

10 komentar:

  1. rajin bgt bang nulis nya haha.
    btw masi sakit? get well.

    .cheers.

    BalasHapus
  2. iTu smua Kn awL Dr smUa kberHasiLan,KrJa KrS NIDJI sLma nii Kn gag sia2.0.
    NIDJI Punya FanS yg seTia & cinTa Ma kaLiaN Kaya W,hahaha..,dPt awarD yg Luar biaSa,pLus d JuLukin Band Pa2n aTas,,aws0me beUd daHh. . .
    SEMANGADD TRUZ IAA WAT NGHASILIN LAGU2 YG KREN DAN YG PASTI ORIGINIL !!!
    0iaa cePeT SembUh iaa bang !!!

    BalasHapus
  3. kalo sekarang gimana bang ?? bukan mencari lg kan ?? malahan bisa berbagi ye bang .. nikmatin aja hasil'e yg kalian cari selama ini ,, sukses

    BalasHapus
  4. wow. . .
    perjalanan yang cukup panjang untuk sebuah kesuksesan. . .
    tapi sekarang khn udah dapet hasilnya khan bang. . .
    oia ada nidji part 6 nya gg nuii bang?

    da lagi nuii
    happy birthday. . .
    moga cepet sembuh
    n bisa menghibur qta" lagi. . .
    wish u all d'bezt
    amien. . .

    BalasHapus
  5. kalo gue denger dari theme song salah satu merek rokok terkenal, yang dulunya dibawain padi dan sekarang nidji, dimana artinya gue bisa membandingkan suara fadly dan lo bang secara jelas, gue rasa beda.. mungkin dulu kali yah miripnya.. sukses teruuus buat nidji! :D

    BalasHapus
  6. dulu mungkin sma .
    karna mungkin msh ter-influence ma PADI yg lg booming bgt saad ntuu .
    jd wajar ja kug bang...

    tp finally skarang ..
    BEDA bgt bang .
    swara abang kyak.a gag bs d tiru gto .
    bedaaa n asiik bgt lhoo .
    :))

    BalasHapus
  7. @ Cwietza : Setuju Bgt de,,

    suara Banggir Khas Bgt,,

    sumpeh deh,,

    Walaupun Banggir nyanyi Tanpa Kita ngeliat,,

    Semua Tau itu Suara Banggir,,

    Banggir Is the Best deh,,

    BalasHapus
  8. kapan main kemedan lg ?
    kami merindukan mu..... :D

    BalasHapus
  9. bang....nie kisah dari NIDJI mazih da kelanjutannya lom....????

    BalasHapus