Selasa, 30 Juni 2009

Nidji part 4.... ADJUSTMENT!

Bagi gue ngeband itu sperti pernikahan.....( bukan pernikahan sesama jenis ) tetapi jauh jauh jauh lebih ribet. Bayangkan elo harus adaptasi dengan temen seband loe yang lebih dari satu orang dan tiap individu memiliki visi dan misi masing masing. Betul tidak? Vokalis, bassis, guitaris, keyboardis dan drummer memiliki kutukan dan anugrahnya masing masing. Setiap band pasti memiliki leadernya, crazy dude nya, thinkernya dan juga follower ( yang ikut ikut ajah ). Sampai sekarang NIDJI tidak ada seperti itu.... Makanya kita sangat sering memiliki masalah karena kita berenam ialah kepribadian kepribadian yang memiliki goal dan visi. Kita semua ingin yang terbaik untuk band ini.

Pada awalnya, Ariel ialah konseptornya karena sebetulnya band ini terbentuk dari visi dan impiannya. Impian seorang guitarist untuk memiliki band yang beranggotakan musisi musisi yang satu visi dengannya. Maka Ariellah yang memberi nama NIJI. Pada awalnya gue juga bingung mengapa dia mengambil nama tersebut karena gue tau nama itu diambil dari salah satu judul lagu band favorit kita L'Arc En ciel. Di saat itu dia juga mencetuskan namanya Jupiter.... yah mendingan NIJI menurut kita. Simple dan catchy walaupun kalau kita ditanya "Nama Band loe apa?" pas kita jawab "NIJI" pasti langsung ditanya lagi "Apa? BIJI? Jorok amat!"
Sial! emang otaknya ajak seronok!!!
Nama NIJI kita ambil karena filosofis serta artinya. Artinya ialah pelangi dan filosofisnya ialah walaupun background musiknya beda akhirnya kita saling mewarnai. Contoh Adri sangat suka Jazz dan Heavy Metal, gue suka Britt POP, Rock and Roll dan musik klasik. Rama sangat terinspirasi denga U2, Andro terinfluence banget oleh Thomas Ramdhannya GIGI dan juga Stone Roses, Ariel pada awalnya suka banget dengan Metallica dan L'Arc en Ciel dan Randy selera musiknya sama bedanya sekarang dia suka dengan musik musik elektronik.

Gue dulu suka clash sama Rama. Rama dulu itu sedikit kekanak kanakan dan gue sangat sensitif dan emosian maka ngga cocok. Gue pernah hampir berantem sama dia sehari sebelum dia Ultah. Lagian dia pernah nelponin cewe gue yang dulu, sedangkan dia ngga tau bahwa gue cemburuan orangnya. Ya udah deh clash!! Tapi abis itu udah jarang lagi. Sekarang Rama itu sangat sangat sangat sabar orangnya. Dan gue bangga sama dia, dia itu temen gue yang juga suka memikirkan konsep manggung. Pada awalnya secara skill Rama memang bagus tapi bisa lebih hebat, karena sejujurnya gue melihat bahwa isian guitarnya tidak terlalu ribet tapi manis. Akibat dulu dia jarang latihan maka kemampuannya tidak meningkat. Hingga pada suatu moment dia memutuskan untuk menikah dengan Revi. Disitulah gue percaya bahwa cinta itu ialah segalanya dan dapat merubah seseorang menjadi lebih maju. Rama sekarang berubah menjadi pribadi yang penuh dengan cinta dan ingin maju. Dia jadi lebih bertanggung jawab dan lebih happy. Gue udah ngga pernah liat Rama moody dan merenung seperti dulu. Sekarang kemampuan guitarnya maju drastis dan gue bangga dengannya.

Andro selalu terangsang melihat gadget gadget canggih. Kalo Randy langganan MAXIM dan FHM, Andro itu langganan majalah majalah gadget seperti T3 dsb. Lo mau tanya apapun mengenai gadget dan komputer dialah ahlinya. Maka diawalnya NIJI selalu membuat demo dengan menggunakan komputernya Andro. Dia memang terlahir jenius di bidang itu bayangkan diumur yang ke 17 dia sudah menguasai software software dan mengutak ngatik komputer, mungkin sampe dibolak balik, puter puter bahkan pernah gue liat komputernya di telanjangin sama dia. Satu hal yang harus kita adaptasi dengannya ialah pola makannya. Jangan pernah menyentuh makanannya bila dia lagi lapar..... Bisa bisa kita di rebus jadi kaldu sama dia HAHAHAHA.

Adri terlahir sebagai seorang figur yang tangguh dan keras. Pada awalnya sangat sulit untuk berargument dengannya karena kepribadiannya yang keras. Sejujurnya pada awalnya anak anak agak takut sama dia mungkin karena dia sangat menguasai banyak ilmu bela diri. Tapi lama kelamaan kita berhasil juga berkomunikasi dengannya. Ternyata untuk berargument dengannya kita hanya memerlukan kesabaran dan argument yang kuat. Adri sangat mencintai bermain drum. Bisa dilihat dari determinasinya berlatih drum. Kalo kita lagi nginep di basecamp pasti yang terdengar ialah gubrak duk tak duk tak yang terjadi pada pagi hari, siang hari dan malam sebelum bobo!! Gue tau bahwa dia ingin sekali menjadi drummer hebat, dan gue percaya suatu hari nanti dia akan menjadi salah satu yang terhebat di INdonesia.

Sedangkan gue...... ada hal yang membuat gue sedih. Seseorang pernah bilang ke gue bahwa anak anak itu sangat menjaga perasaan gue karena gue sangat sensitif dan moody banget. Makanya terkadang gue ngeliat kok perlakuan anak anak ke satu sama lain tidak sama dengan ke gue. Ternyata gue tau jawabannya.... mereka menjaga banget mood gue. Dan gue jadi ngerasa jadi kayak anak bawang banget. Mungkin ini yang dinamakan sindrom vokalis.... ( gue pernah ngomongin ini sama Ariel Peterpan ) Menjadi seorang vokalis ialah anugrah dan kutukan disaat yang sama. Beban yang kita pikul sebagai ujung tombak sebuah band bukannya suatu hal yang gampang. Bayangin kalo kita melakukan sesuatu yang memalukan di depan umum pasti yang disorot ialah bandnya. Udah gitu harus belajar sabar menghadapi sorotan media massa, harus belajar membawa diri didepan umum dan harus menjadi yang terbaik buat bandnya. Tekanannya lebih berat deh pokokkek! Udah gitu godaan ceweknya.........wuiiiiiiiiiiiiih! Sabar leeeeee. Harus hati hati banget kalo ngga kecebur dan susah banget keluarnya.
Tapi anugrahnya banyak banget....
Gue sering dapet baju, celana, sepatu, ticket nonton konser, discount, akses dan berbagai keuntungan lainnya. Allhamdulilah banget deh.
Walaupun terkadang stress, gue mencoba untuk enjoy ajah. Thanks banget yah guys udah ngejagain gue banget..... Akhirnya gue mengerti...

( Randy belum gue ceritain karena masih ngebahas NIJI sebelum dia masuk )

Cerita bersambung lagi..... and kalo ada yang mau ditanyaain silahkan saja.
Kalo sempet pasti gue bales di kolom comment
Thanks guys

14 komentar:

  1. seruu ceritanya gir,,
    oia ceritain juga ya selanjutnya ntr knp Nama NIJI skrng berubah menjadi NIDJI,,
    soalnya jujur nih, aku masih masih banyak denger jwban berbeda2,,
    dr pertama : Gara2 RunD masuk ke NIDJI, so nama NIJI D tambah huruf D karna ada Run"D", yg kedua : karna kalian ingin Indonesia sekalia, so d tambah kan D, yg kl tulisannya NIDJI d baca NIJI :)

    thnks ya atas jwabannya ntr,,,

    *btw, prasaan gw trs nih yg comment pertama,,Pertamax,,,!!hahaha,,

    BalasHapus
  2. ka minta panduanyyaa dounk bwt jadi kaya NIDJI sekarang,,, soalnya di band aku masih agak susah bwt kaya NIDJI gitu.. hehehhe
    di jawab ya ka giring.. hee

    BalasHapus
  3. Wuaahhhh...Wokke beud crita'a,slalu inspired. . .
    Kalo d jadiin film,bkln jd box office nii,hahahaha...
    Msh brpa episode nii bang crita'a??
    Salut ma bang rama,kpn w bs brubh ky dy,hahahaha...

    BalasHapus
  4. iyah, ceritain bg gmn NIJI sekarang jadi ada huruf D nya ?

    BalasHapus
  5. terkadang kita nga pernah sadar ,, bahwa bermula dari k'bersamaan sedikit demi sedikit sifat jelek kita berkurang ... nga salah deh kalian m'makai mana NIDJI buat band kalian ,, yg masing2 personil'e punya k'unik'n sendiri seperti pelangi ..

    BalasHapus
  6. artinya dulu2 k rama tuh moody juga gtu?
    baru tau..hhehe..
    btw, mksudnya "isian guitarnya tidak terlalu ribet tapi manis" apa sih? ga ngrti mksud n artiny apa..
    yg parah k andro yak...takut ah d jadiin kaldu..serem amat....
    hhehe...

    BalasHapus
  7. iyaaa bener bener ..

    kenapa NIDJI sekarang ada huruf D ditengah ?

    kenapa bukan NIJI ?

    nahloo jawab yaa bang =)

    BalasHapus
  8. Nidji = Pelangi
    kalau buat giring, ada arti lain dari "Nidji" apa ??

    BalasHapus
  9. waw seru ceritanya.
    jadi pengen liat ka adri beranten beneran selain di video clip shadows

    BalasHapus
  10. mana lanjutan nya bang??penasaran niiiiii...=D

    BalasHapus
  11. gwe juga pernah penasaran, arti Nidji itu apa. haha. :)

    pada gwe, Nidji adalah band yang paling inspirasi, musik yang "unique" dalam musik Indonesia. :) terus maju, Giring!

    x Dani

    BalasHapus
  12. love your blog mas gir
    keep writing ya :)
    goodluck :D

    BalasHapus
  13. bg lanjut lagi bang ,!!
    crita nya seru dah ,
    trus ,.

    >>tesa

    BalasHapus
  14. coba crtain lagi setelah itu bang,
    gw bru tw bang

    BalasHapus